Berita  

Pengawas Bangunan Kota Makassar Lakukan Pungli, Fahyuddin : Laporkan ke Saya

Kepala Dinas Penataan Ruang Kota Makassar Fahyuddin Yusuf [Beridata.com]

Kepala Dinas Penataan Ruang Kota Makassar Fahyuddin Yusuf, mengaku kesal. Dengan tingkah anak buahnya yang bertugas di Bidang Pengawasan, dan Penertiban Bangunan. Utamanya mereka yang bertugas di lapangan.

Kekesalan Fahyuddin, lantaran banyaknya aktivitas pungli (pungutan liar) yang dilakukan oleh oknum pengawas.

Saking kesalnya, Fahyuddin berharap warga melaporkan langsung ke dia, atau ke aparat penegak hukum. Agar menangkap semua oknum pengawas yang terlibat dengan jelas melakukan pungli, dan menjurus kepada aksi pemerasan.

“Oknum pengawas ini bikin kesal dengan aktivitas punglinya, banyak melakukan negosiasi damai (86) di tempat sama pemilik saat menemukan pelanggaran pada bangunannya,” ungkap Fahyuddin, Kamis 12 Mei 2022.

Fahyuddin, menduga adanya pungli lantaran oknum pengawas itu berhubungan langsung dengan masyarakat. Terlebih, banyak keluhan dari masyarakat yang diterima terkait pungli tersebut.

Fahyuddin berharap kepada masyarakat, dan pemilik bangunan agar mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Sebelum melakukan pembangunan. Baik renovasi ataupun membangun baru.

“Urus IMB dulu sebelum membangun, jangan atur damai dengan pengawas di lapangan, karna cepat atau lambat tim kami pasti akan menemukan bangunan-bangunan anda yang dikerjakan tanpa izin,” tutupnya.