Berita  

Rusunawa Daya Makassar Jadi Percontohan Transaksi Non Tunai bagi TP2DD Sulawesi Utara

TP2DD Sulawesi Utara melakukan study visit ke Rusunawa Daya Makassar

TP2DD Sulawesi Utara melakukan study visit ke Rusunawa Daya Makassar pada Senin (5/2/2024)

beridata.com – TP2DD Sulawesi Utara melakukan study visit ke Rusunawa Daya Makassar pada Senin (5/2/2024). Untuk mempelajari penerapan transaksi non tunai.

Rusunawa Daya dipilih sebagai objek kunjungan karena merupakan unit kerja pertama di Pemkot Makassar yang menerapkan transaksi non tunai melalui kanal pembayaran QRIS untuk pembayaran retribusi.

Hal ini menjadikan Rusunawa Daya sebagai contoh sukses implementasi ETPD (Elektronik Transaksi Pemerintah Daerah) di Kota Makassar.

Tujuan study visit ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai tahapan, kendala, dan solusi implementasi ETPD dalam mengubah transaksi pendapatan maupun belanja pemda dari tunai menjadi non tunai melalui berbagai kanal pembayaran.

Memperoleh gambaran penerapan implementasi ETPD di Provinsi Sulawesi Selatan yang merupakan juara 1 Championship TP2DD Tahun 2023 kategori Provinsi, Kota, dan Program Unggulan terbaik.

Mempelajari peran BPD Sulselbar selaku bank Pendukung implementasi ETPD.

Diharapkan dengan adanya study visit ini, TP2DD Sulawesi Utara dapat memperoleh informasi dan pengalaman yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas implementasi ETPD di daerahnya masing-masing.