Berita  

Wali Kota Makassar Tinjau Persiapan Perayaan HUT Kota Makassar ke-416

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, melakukan peninjauan lokasi perayaan HUT Kota Makassar ke-416 yang akan digelar pada 2 November 2023

Makassar – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, melakukan peninjauan lokasi perayaan HUT Kota Makassar ke-416 yang akan digelar pada 2 November mendatang.
Danny Pomanto, sapaan akrabnya, tiba di lokasi sepanjang jalan masuk Centre Point of Indonesia (CPI) menuju kawasan Masjid 99 kubah untuk memastikan segala kesiapan acara.

Danny Pomanto, berlatar belakang pendidikan arsitektur, terlihat aktif memberikan arahan kepada panitia dan membahas posisi pertunjukan karnaval budaya. Pemasangan tempat duduk penonton juga sudah dimulai di sekitar area pertunjukan.

Wali kota berharap agar karnaval budaya dapat menjadi daya tarik di tengah jalan dengan penonton yang mengisi sisi kiri-kanannya. Rencananya, acara ini akan menyerupai pertunjukan seni Festival Awa Odori di Jepang.

Karnaval budaya akan diisi oleh ribuan remaja dan pemuda dari setiap kelurahan, mengenakan pakaian adat dan dilatih oleh seniman atau guru seni. Setiap kelurahan akan menampilkan gerakan atau tarian yang berulang sepanjang rute karnaval.

Tidak hanya remaja, seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) wanita yang dijuluki Srikandi akan turut serta dalam karnaval dengan menggunakan pakaian adat Tana Toraja. Bahkan, komunitas dan penyandang disabilitas juga ikut ambil bagian dalam perayaan ini.

Sebagai bagian dari persiapan, Wali Kota Danny Pomanto juga akan mengadakan jamuan makan malam bagi seluruh tamu VVIP di kawasan tugu MNEK, dengan latar belakang perahu Pinisi dan Rumah Adat Tongkonan dari Tana Toraja.

Karnaval Budaya

HUT Kota Makassar ke-416 akan dirayakan dengan meriah melalui karnaval budaya yang dipersiapkan dengan teliti.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, telah meninjau lokasi acara di sepanjang jalan masuk Centre Point of Indonesia (CPI) untuk memastikan segala kesiapan.

Rencananya, karnaval budaya ini akan menampilkan ribuan remaja dan pemuda dari setiap kelurahan, masing-masing mengenakan pakaian adat dan membawakan gerakan atau tarian yang berulang sepanjang rute karnaval.

Danny Pomanto, yang berlatar belakang pendidikan arsitektur, ingin menampilkan karnaval ini sebagai daya tarik di tengah jalan, dengan penonton yang menyaksikan dari sisi kiri-kanannya, menyerupai pertunjukan seni Festival Awa Odori di Jepang.

Seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) wanita yang dijuluki Srikandi juga turut serta dalam karnaval dengan menggunakan pakaian adat Tana Toraja.
Komunitas dan bahkan penyandang disabilitas ikut ambil bagian dalam perayaan ini, menciptakan keberagaman dan inklusivitas dalam setiap aspeknya.

Sebagai bagian dari acara tersebut, Wali Kota Danny Pomanto juga akan mengadakan jamuan makan malam bagi seluruh tamu VVIP di kawasan tugu MNEK.

Dengan latar belakang perahu Pinisi dan Rumah Adat Tongkonan dari Tana Toraja, acara ini akan menjadi momen istimewa dalam merayakan HUT Kota Makassar yang ke-416 dengan tema “The Next Gen for All.”