MAKASSAR_SOMBERE
Berita  

Respon Keluhan Warga Danny Pomanto Tinjau Langsung Jembatan Gantung Malalin Enrekang

Beridata.com, ENREKANG, — Calon Gubernur Sulsel Nomor urut 1, Danny Pomanto meninjau langsung Jembatan gantung Malalin saat berkampanye di Kabupaten Enrekang, Kamis (10/10/2024).

Kunjungan langsungnya ini atas desakan warga dengan harapan jembatan Malalin tersebut dapat tersentuh dan mendapat perhatian dari pemerintah secara langsung.

Jembatan Gantung Malalin ini terletak di Kecamatan Cendana kabupaten Enrekang yang memiliki panjang sekitar 80 meter dan membentang di atas Sungai Saddang Enrekang.

Jembatan ini pula menjadi penghubung beberapa desa dan kabupaten Pinrang Utara. Mayoritas masyarakatnya pun petani dan menggunakan jembatan ini sebagai akses mengirim hasil taninya ke berbagai daerah.

Namun sayangnya, jembatan ini sudah lama tidak mendapat sentuhan dari pemerintah setempat maupun tingkat provinsi.

Karenanya itu, jika ada kerusakan pada jembatan maka perbaikannya memakai metode swadaya masyarakat setempat.

Hal itu terbukti saat Danny tiba di jembatan Malalin tersebut, terlihat beberapa masyarakat yang sementara memperbaiki jembatan agar akses masyarakat menjadi aman dan lancar.

“Saya bersama seluruh tokoh masyarakat, di jembatan malalin ini jembatan yang membentang sungai Saddang. Jembatan yang begitu dibutuhkan oleh banyak masyarakat satu desa ada di sana sekaligus Pinrang dan Sulawesi Barat, sehingga jembatan jembatan ini yang betul-betul menjadi jembatan yang menjadi konsen masyarakat bahkan maintenance masyarakat yang membiayai,” ujar Danny.

Kata Danny swadaya masyarakat ini sebuah inisiasi yang harus menjadi bagian penting bagi dirinya ketika terpilih menjadi Gubernur Sulsel 2024 nantinya.

“Yang insya Allah kalau kami terpilih kami akan berjuang untuk mendapatkan jembatan permanen,” ungkapnya.

“Kami datang ke sini untuk melihat keluhan masyarakat. Justru biar apa yang dibuat jelas, kami mengusung gagasan perubahan nasib rakyat sehingga, dengan adanya jembatan permanen nantinya nasib rakyat bisa insyaallah berubah menjadi baik untuk semua,” tandasnya.

Sementara, salah satu masyarakat setempat, Ismail mengatakan Danny Pomanto ini satu-satunya pemimpin yang berkunjung langsung setelah jembatan gantung Malalin berdiri.

“Belum jadi gubernur tapi sudah memperhatikan warga jembatan Gantung Malalin. Dia satu-satunya pemimpin yang mau berkunjung di jembatan ini hujan-hujan lagi,” teriaknya. (*)