banner 728x250
Berita  

Stunting di Makassar Terus Menurun, Dinas Kesehatan Targetkan 14 Persen di Tahun 2024

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Nursaidah Sirajuddin, mengungkapkan bahwa trend Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) stunting di Kota Makassar menurun

Makassar – Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Nursaidah Sirajuddin, mengungkapkan bahwa trend Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) stunting di Kota Makassar beberapa tahun terakhir kecenderungannya terus menurun.

Saat ini, SSGI stunting di Kota Makassar berada pada angka kisaran 18,4 persen secara nasional. Dinas Kesehatan Kota Makassar menargetkan pada tahun 2024 nanti angka itu bisa menurun sampai 14%.

“Inilah yang akan kita fokuskan agar bisa menurun lagi pada tahun 2024 yang tersisa beberapa bulan lagi,” kata dr Nursaidah kepada beridata.com, Selasa 31 Oktober 2023.

Dia mengatakan, memang jika memperhatikan data survei yang ada, ada kecenderungan menurun. Dari tahun 2018, SSGI stunting di Kota Makassar sebesar 25%, turun menjadi 18,4% di tahun 2023.

“Kita akan kejar itu, mudah-mudahan bisa tercapai,” jelasnya.

Diseminasi dan Publikasi Data Stunting

Dinas Kesehatan Kota Makassar menggelar diseminasi dan publikasi data stunting di SwissBelL Hotel Makassar, Selasa 31 Oktober 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai lintas SKPD, Kelurahan, Kepala Puskesmas, serta pengelola gizi yang ada di Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Nursaidah Sirajuddin, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memutakhirkan data stunting yang ada di Kota Makassar.

“Kita undang semua, karena ini terkait semua dengan stunting,” katanya.

Dalam kesempatan ini, dr Nursaidah juga menyampaikan target Dinas Kesehatan Kota Makassar untuk menurunkan angka stunting menjadi 14% di tahun 2024.

“Inilah yang akan kita fokuskan agar bisa menurun lagi pada tahun 2024 yang tersisa beberapa bulan lagi,” katanya.