MAKASSAR_SOMBERE
Berita  

Dinas Kesehatan Kota Makassar Terus Maksimalkan Layanan Home Care

Beridata.com, MAKASSAR – Layanan Home Care di Kota Makassar terus dimaksimalkan oleh Dinas kesehatan Kota Makassar.

Layanan ini mendekatkan fasilitas layanan kesehatan kepada masyarakat dengan melayani pemeriksaan langsung ke rumah penduduk.

Pada periode Januari-Juli 2024, sebanyak 2.535 warga Makassar  yang menggunakan layanan ini.

Kepala Dinas kesehatan Kota Makassar; Nursaidah Sirajuddin mengatakan, banyaknya warga yang mengakses layanan home care menunjukkan bahwa masyarakat sangat butuh akses kesehatan yang mudah dijangkau.

“Ini juga mencerminkan komitmen pemerintah kota untuk intensif dalam memperhatikan kesehatan masyarakat, hingga ke tingkat lorong-lorong,” ucap Nursaidah Sirajuddin , Senin (8/7/2024).

Kata Ida-sapaannya, Dinas kesehatan memiliki peran yang krusial dalam mendukung program strategis wali kota terkait Gerakan Perkuat Imunitas Kesehatan Masyarakat. Untuk itu, hadirnya Home Care menjadi komitmennya dalam memperkuat peran Home Care pelayanan kesehatan 24 jam.

“Program layanan kesehatan 24 jam ke rumah sudah berjalan sejak tahun 2015, sejak periode pertama dalam kepemimpinan Bapak Danny Pomanto. Program ini telah berkembang pesat hingga saat ini,” jelasnya.

Sejauh ini, Home Care Dottoro’ta memiliki 94 armada, terdiri dari 47 armada konvensional dan 47 armada low carbon. Armada tersebut tersebar di setiap Puskesmas di Kota Makassar.

Satu unit mobil Home Care Dottoro’ta dilengkapi dengan tenaga medis. Terdiri dari satu dokter, satu perawat, dan satu supir.

“Mereka siap memberikan pelayanan kesehatan langsung ke rumah penduduk, memastikan bahwa akses terhadap perawatan medis tidak terhambat oleh jarak atau waktu,” paparnya.

Selain itu, kata dia, terobosan terbaru adalah pengembangan aplikasi Dottorota. Aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan Dottoro’ta hingga kemudahan konsultasi kesehatan.

“Aplikasi ini dapat diakses melalui laman https://www.dottoro-ta.com/ aplikasi ini tidak hanya memfasilitasi pendaftaran layanan, tetapi juga memberikan konsultasi secara online 24 jam kepada pengguna,” jelasnya.

Sebagai bagian dari strategi mendukung gerakan perkuat imunitas kesehatan masyarakat, Nursaidah juga berkomitmen Dinkes Kota Makassar terus memperkuat kampanye edukasi dan sosialisasi kesehatan.

“Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan mengadopsi perilaku hidup sehat agar baik untuk semua,” pungkasnya.(*)