banner 728x250
Berita  

Inovatif! Mahasiswa STIK Tamalatea Makassar Jalani Pengalaman Belajar Lapangan Kesehatan Masyarakat

STIK Tamalatea Makassar melepas 83 mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Pengalaman Belajar (PBL I) dan 125 mahasiswa untuk PBL III

beridata.com – STIK Tamalatea Makassar melepas 83 mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Pengalaman Belajar (PBL I) dan 125 mahasiswa untuk PBL III.

Pada tanggal 30 Januari 2024, sebanyak 83 peserta telah turun untuk melaksanakan Pengalaman Belajar (PBL I) di Kecamatan Patalassang, Kabupaten Gowa. Sementara 125 peserta PBL III di Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros.

Pengalaman belajar lapangan (PBL) merupakan kegiatan yang bertujuan melakukan diagnosis masalah kesehatan di masyarakat.

Kegiatan ini memberikan pengalaman pengetahuan dan teknologi kesehatan masyarakat melalui tiga tahapan.

PBL I melakukan pendataan dan menentukan prioritas masalah kesehatan, PBL II melakukan intervensi dari masalah yang ditemukan pada PBL I, dan PBL III melakukan evaluasi terhadap intervensi yang dilakukan pada PBL II.

Mahasiswa semester III yang terlibat dalam PBL I secara resmi dilepas oleh Ketua STIK Tamalatea Makassar dan diterima oleh Sekretaris Camat Patalassang Kabupaten Gowa.

Sementara itu, kegiatan PBL III yang melibatkan mahasiswa semester V dilepas oleh Wakil Ketua I STIK Tamalatea Makassar dan diterima oleh Camat Tanralili di aula Kantor Kecamatan Tanralili.

Antusiasme mahasiswa STIK Tamalatea Makassar dalam mengikuti kegiatan PBL I dan III sangat luar biasa.

Harapannya, kegiatan ini dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih memahami konsep-konsep kesehatan masyarakat melalui pengalaman langsung dan aplikasi teori ke dalam situasi nyata.

Dukungan penuh diberikan untuk memastikan kesuksesan langkah-langkah yang diambil oleh para peserta PBL I dan III.

Dengan kerja sama dan fokus pada tujuan bersama, diharapkan kegiatan PBL I ini dapat memberikan kontribusi positif yang signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di lokasi masing-masing.