banner 728x250
Berita  

Mahasiswa STIK Tamalatea Makassar Cegah Stunting di Desa Datara Jeneponto Dengan Cara Ini

Penyuluhan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat

Mahasiswa Kelompok Kuliah Kerja Lapangan (KKLP) dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Tamalatea Makassar telah menggelar penyuluhan berjudul BUCIN (Ibu Cegah Stunting)

beridata.com – Mahasiswa Kelompok Kuliah Kerja Lapangan (KKLP) dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Tamalatea Makassar telah menggelar penyuluhan berjudul BUCIN (Ibu Cegah Stunting) serta Demo Masak GAS BRO (Gerakan Atasi Stunting dengan Bubur Manado) di Kantor Desa Datara, Kecamatan Bontoramba, Kabupaten Jeneponto pada Selasa, 20 Februari 2024.

Dalam kegiatan ini, Dr. Andi Yusuf, selaku Supervisor posko 7, turut hadir bersama dengan kepala desa, aparat keamanan, perwakilan puskesmas, serta sejumlah ibu hamil, ibu baru, dan ibu yang memiliki anak di bawah 2 tahun. Mereka menjadi sasaran penyuluhan dan demo masak ini.

Penyuluhan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat, khususnya ibu-ibu di Desa Datara, dalam pencegahan stunting sejak dini.

Pada demo masak, mereka mempraktikkan pembuatan Bubur Manado, dengan memanfaatkan berbagai sayuran lokal seperti daun bayam, jagung, kacang panjang, labu, kangkung, dan daun kelor.

Keistimewaan dari bubur Manado yang disajikan adalah penggunaan daun kelor sebagai bahan tambahan.

Daun kelor dipilih karena kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk ibu hamil dan pertumbuhan anak.

Melalui penyuluhan ini, masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan sumber daya pangan lokal untuk mencegah stunting secara efektif.