banner 728x250
Berita  

Pj Sekda Kota Makassar Hadiri Reception Dinner di Kapal Perang Australia HMAS Perth 157

Beridata.com, Makassar – Pj Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra memperoleh kehormatan untuk menghadiri official reception dan makan malam bersama dari komandan kapal perang HMAS Perth dari Angkatan Laut Australia, Commander Ben Dalton.

Jamuan ini sebagai bentuk terimakasih dari pihak Australia karena kedatangan kapal perang Australia HMAS Perth 157 disambut hangat dan berlabuh di pelabuhan Soekarno-Hatta, sabtu kemarin.

“Suatu kehormatan mendapat undangan dari komandan kapal perang australia. Kami tadi banyak berbincang-bincang tentang kegiatannya yakni Port Friendship Visit to Makassar yang akan mereka laksanakan selama 5 hari,” ucap Firman, Minggu (26/08/2024).

Firman mengatakan Port Friendship visit to Makassar ini sebagai wujud dan bukti eratnya persaudaraan antara dua negara ini yakni Australia dan Indonesia. Khususnya Kota Makassar.

Firman juga menjelaskan tentang posisi strategis Kota Makassar di Indonesia utamanya sebagai pusat aktivitas dan bisnis di Kawasan Timur Indonesia.

Selain itu, Firman yang juga merupakan alumni ANU Australia bertukar cerita tentang pengalamannya ketika melaksanakan pendidikan dan tinggal di kota Canberra.

Dimana kota tersebut juga menjadi pusat pelatihan bagi para awak kapal Angkatan Laut Australia.

Usai berbincang, para hadirin mengikuti agenda utama kegiatan yakni Ceremonial Sunset atau upacara penurunan bendera yg dilakukan oleh prajurit AL Australia sebagai penghormatan dan tradisi AL Australia.

“Setelah penurunan bendera dikumandangkan lagu kebangsaan dari 2 negara yaitu Australia dan Indonesia sebagai pertanda bahwa kunjungan ini dimaksudkan untuk mempererat hubungan persahabatan antara ke dua negara,” tuturnya.

Pada momen ini pula, terlihat Para crew kapal dengan antusias dan sangat ramah menjelaskan beberapa fasilitas yang dimiliki oleh kapal perang HMAS Perth 157.

Firman pun berharap ikatan persaudaraan antara Australia dan Indonesia khususnya kota Makassar ini makin erat.

“Kehadirannya ini menjadi momen bersejarah dalam memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia terkhususnya di bidang angkatan laut. Serta mempererat ikatan persaudaraan antarbangsa yang telah terjalin sejak lama,” harap Firman. (*)