banner 728x250
Berita  

Tingkatkan Kecekatan dan Kesiapsiagaan, Plt. Kadis Sosial Rakor Bersama Tagana

Dinas Sosial

beridata.com – Senin (22/1/2024) siang, Plt. Kadis Sosial Makassar Andi Pangerang Nur Akbar menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan personil Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Makassar di Monumen Korban 40.000 Jiwa.

Pada rakor tersebut Plt. Kadis Sosial Andi Pangerang didampingi Kabid Penanganan Bencana Sember Pahambako.

Andi Pangerang menuturkan kesiapsiagaan dan kecekatan personil Tagana dalam penanganan bencana harus dipersiapkan dan manajerial yang baik.

“Khususnya di musim rawan bencana ini kami ingin Tagana jauh lebih siap dan lebih baik lagi dalam penanganan bencana,” ucap Andi Pangerang.

Dijelaskan dalam rapat tersebut dibahas tentang kebencanaan yang selama ini dipandang sebagai force majeure artinya sesuatu yang berada di luar kontrol manusia, maka dari itu untuk meminimalisir terjadinya korban akibat bencana, diperlukan juga kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.

“Beberapa yang harus dipersiapkan diantaranya adalah mapping lokasi rawan bencana,” ujarnya.

Selanjutnya pendistribusian logistik dan advokasi psikososial, sehingga pada akhirnya untuk melaksanakan tugas itu menurutnya semua pihak harus bersatu dan berkolaborasi.

Plt. Kadis Sosial juga akan melakukan pengregistrasia ulang dan perekrutan personil Tagana serta Sertifikasi bagi personil Tagana.