Ulasan  

Aplikasi Pengumpul Sampah Mahasiswa Unhas Juara 1 Fordigi Hackathon Challenge 2023

Makasar – Mahasiswa Unhas meraih juara pertama di ajang Fordigi Hackathon Challenge 2023 Chapter Makassar.

Kegiatan ini menjadi rangkain Fordigi Goes to Campus Chapter 4 yang digelar di Universitas Hasanuddin, Selasa 6 Juni 2023 di Unhas Hotel & Convention.

Fordigi Hackathon Challenge 2023 merupakan kompetisi hackathon atau pemrograman untuk mahasiswa antarkampus di sepuluh kota di Indonesia.

Program ini diharapkan menjadi sarana edukasi dan pengalaman praktis dalam bidang teknologi digital dan inovasi bagi para mahasiswa sebagai strategic digital talent masa depan.

Mereka mahasiswa Unhas yang meraih prestasi gemilang di ajang ini adalah Putri Haerani Rustam (Fakultas Teknik) dan Rizqy Ashabul Yamin Darwis (FISIP).

Kedua mahasiswa angkatan 2019 ini berinovasi dengan menciptakan aplikasi E-Yabo (Electronic Yabo’).

Yabo’ sendiri merupakan bahasa Makassar yang berarti pengepul sampah.

“E-Yabo adalah sebuah inovasi pengumpulan sampah yang mengumpul dan membeli sampah dari rumah ke rumah agar dapat didaur ulang kembali,” ujar Rizqy dalam sesi pitch deck yang merupakan tahap akhir penjurian.

Putri Haerani melanjutkan bahwa tujuan dari E-Yabo ini untuk memotivasi masyarakat untuk mengelola dan memilah sampah, mempermudah proses daur ulang sampah serta memangkas penumpukan sampah di TPA dan mencegah pencemaran lingkungan.

Dengan inovasi E-Yabo, Putri dan Rizqy berhasil mengalahkan pesaing-pesaing dari berbagai universitas di Sulawesi Selatan, seperti Universitas Negeri Makassar dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Sebagai juara pertama, tim Unhas mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp20 juta dari Fordigi BUMN.

Lebih lanjut Rizqy menceritakan bahwa inovasi yang dibuatnya tak sampai di situ saja. Ia dan rekannya berencana membuat pilot project agar idenya dapat bermanfaat untuk masyarakat luas.